netload.in


Menggunakan tool seleksi Photoshop




Anda punya masalah dengan bagaimana cara pemilihan bagian tertentu pada image? Adobe Photoshop memberikan beberapa tool yang akan membantu Anda dalam menyeleksi bagian tertentu dari objek yang ingin anda ambil. Pada tutorial ini, anda akan mempelajari cara terbaik menggunakan setiap tool-tool seleksi. Anda dapat mencobanya pada image elang berikut ini.

1. Pakai Magic Wand tool untuk mengambil background image.

Selama elang yang ada pada image memiliki bentuk yang baik, dan warna-warna pada area elangnya berbeda dengan warna background hijau, kita bisa mengambilnya dengan menggunakan Magic Wand tool. Pilih Magic Wand tool, lalu click dimana saja pada background hijau. Area hijau dikelilingi oleh garis putus-putus yang bergerak(marque) dapat di edit. Cobalah untuk mendrag paintbrush melalui keseluruhan image untuk melihat bagaimana elang terproteksi(terkunci).


2. Invert seleksi.

Karena backgroundnya sangat mudah di seleksikan, kita akan invert seleksi sehingga hanya elangnya saja yang terseleksi. Pilih Select > Inverse. Anda akan melihat border seleksi berubah sehingga elangnya saja yang terseleksi. Ini adalah cara yang termudah dalam membuat penyeleksian saat anda memiliki image seperti elang di atas. Anda sekarang bisa melakukan pengeditan pada elangnya saja tanpa terganggu oleh background image. Setelah itu, pilih Select > Deselect lalu kita bisa mencoba tool-tool yang lainnya.


3. Pakai Elliptical Marquee tool untuk memilih mata elang.

Pilih Elliptical Marquee tool, lalu drag untuk menggambar border seleksi mengelilingi mata elang. Untuk mereposisikan border seleksi yang kita buat, tahan spacebar dan drag border selection pada posisinya yang baru. Untuk memindahkan border selection setelah dibuat, click dimana saja dalam border lalu drag.


4. Pakai Magnetic Lasso untuk memilih paruh elang.

Pilih Magnetic Lasso tool (terletak dalam toolbox dengan Lasso tool), kemudian click dan drag disekitar paruh. Magnetic Lasso tool membuat seleksi bebas lebih mudah dikarenakan tracing disekitar object. Hal ini baik dilakukan pada tepi yang tergambar jelas, seperti paruh elang. Tool ini menempatkan jangkar saat Anda mendrag (anda bisa membuang jangkarnya dengan cara memilih jangkar tsb sambil menekan Delete). Pada saat selesai dengan border seleksi, click pada awal jangkar(atau double-click). Cobalah pindahkanparuh dengan menggunakan Move tool. Pilih Edit > Undo untuk mengembalikan paruh ke posisi sebelumnya. Lalu pilih Select > Deselect untuk melepaskan seleksi pada paruh.


5. Tambahkan sebuah seleksi.

Pilih Marquee tool, dan buat seleksi kasar pada tubuh burung elang. Ketika anda sudah melakukannya, Anda dapat menambahkan border seleksinya tanpa harus memulainya dari awal. Pilih Magnetic Lasso tool, dan click ikon Add to Selection pada options bar. Lakukan pemilihan dengan mendragnya disekitar bagian luar dari burug elang(Anda akan diberi tahu dengan munculnya tanda tambah kecil di bawah tool pointer). Lepaskan mousenya. Border seleksi sekarang termasuk juga area yang anda telah pilihkan dengan Magnetic Lasso tool.

Bagaimana? Apa cukup jelas? Mudah-mudahan jelas ya,, :D
Masih banyak lagi tutorial photoshop lainnya jika anda tertarik untuk membacanya.




Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

Responses

1 Respones to "Menggunakan tool seleksi Photoshop"

Bamudar mengatakan...

Nice tutorial sobat... Sering sering posting ya tutorial yang bagus ya ;)
Kunjungan balik ya gan ;)
Bamudar - Tutorial Photoshop dan CorelDraw
Bamudar


11 Agustus 2012 19.18

Posting Komentar

Sisipkan sepatah dua patah kata untuk menambah semangat agar blog tetap update.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors