netload.in


HTTP Vs HTTPS



HTTP And HTTPS

Bagi anda penggemar browsing dan mungkin jika anda teliti juga jeli, tentunya anda pernah bahkan sering menjumpai situs dengan awalan http atau https pada URL browser anda. Tapi pernahkan anda berpikir sebenarnya apa perbedaan antara http dengan https, dan apa fungsinya? Berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai perbedaan antara http dengan https.

HTTP
HyperText Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

Contoh http :
Contoh Gambar HTTP

HTTPS
HyperText Transfer Protocol Secure adalah bentuk protokol yang lebih aman dibandingkan dengan http, karena semua traffic data atau lalu lintas data yang melewati protokol ini akan diacak dengan berbagai format enkripsi sehingga sulit untuk dibajak isinya maupun dilihat.

Contoh https :
Contoh Gambar HTTPS

Secara singkat anda sudah mulai paham perbedaan antara http dengan https. Sekarang mari kita coba sedikit menjelaskan fungsi dan cara kerjanya dengan lebih detail terutama pada tingkat keamanannya.

Kita contohkan saja anda sedang melakukan login ke sebuah website dengan protocol http, tanpa anda sadari ternyata ada man in the middle attacks (hacker). Hacker ini menggunakan sebuah tools yang bekerja untuk menangkap lalu lintas data antara anda sebagai pengguna dengan website atau server tujuan. Dengan protocol http saja, si hacker akan sangat mungkin mendapatkan data Anda, seperti misalnya username atau password dalam keadaan utuh.

Akan berbeda hasilnya jika anda melakukan login ke website melalui protocol https, karena sebelum data anda terkirim ke server, semua informasi sudah terlebih dahulu di enkripsi. Jadi si hacker akan mendapatkan data anda berupa kode-kode yang akan sangat sulit untuk dipecahkan.

Saat ini 90% website besar sudah menggunakan protocol https untuk keperluan autentifikasi, terlebih untuk urusan yang sifatnya sensitif seperti misalnya login internet banking, online shop, mail dan masih banyak lagi.

Apakah https menjamin keamanan penuh?

Tidak ada yang bisa menjamin keamanan penuh selama kita menggunakan internet yang diakses oleh public contohnya warnet, tapi setidaknya https sangat mungkin meningkatkan keamanan komunikasi data kita melalui internet. Selain itu, keamanan dalam berinternet juga perlu dilakukan oleh sisi client, atau dari kita sendiri.

Contoh gambar alur https :
Topologi HTTPS

Demikian artikel mengenai perbedaan antara http dengan https, semoga dengan sedikit penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk anda semua dan menambah ilmu komputer kita khususnya untuk para pemula.





Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

Responses

2 Respones to "HTTP Vs HTTPS"

topspot-official mengatakan...

Dalam pengaplikasiannya, saya pribadi tidak menggunakan kedua-dua nya, saya cukup memulai dari //www.blablablablabla.. :D


4 September 2013 19.08
Nunu iLusion mengatakan...

Yup,, betul gan,,, sekarang memang sudah mudah tinggal langsung ketik www bisa langsung,, ini hanya sekedar sedikit informasi buat temen-temen yang laiin yang belum tau aja gan :D


4 September 2013 20.34

Posting Komentar

Sisipkan sepatah dua patah kata untuk menambah semangat agar blog tetap update.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors