netload.in


Mencegah Laptop Overheat



Apakah anda memiliki laptop atau notebook yang umurnya sudah sekitar satu tahun atau lebih? Coba perhatikan pada saat anda menggunakan laptop atau notebook anda, saat anda gunakan laptop selama beberapa jam apakah anda merasakan panas yang terus meningkat pada laptop atau notebook anda? Jika anda merasa begitu segera matikan dan istirahatkan laptop anda, begitu mungkin yang biasa anda lakukan.

Mencegah Laptop Overheat

Fan atau kipas pada laptop sebenarnya bukan hanya untuk mendinginkan processor ataupun laptop yang anda gunakan melainkan sudah terkenal dan mungkin banyak yang tahu kegunaannya untuk mengumpulkan kotoran, debu, dan bahan kimia lainnya yang beterbangan di udara.


Ada beberapa hal yang akan saya sarankan dalam artikel ini untuk membantu anda mengurangi masalah panas atau overheat dan menjaga laptop atau komputer anda agar tetap memiliki kinerja yang baik.

Cooling Fan Laptop

Sistem ventilasi pada laptop berada di tempat ya bisa dibilang aneh menurut saya, seperti dibawah laptop, di sisi, dan kadang terletak di samping keyboard.

  1. Masukan laptop anda pada rak pendingin (bentuknya mirip oven). Memungkinkan laptop anda untuk bernafas lebih baik dan mengeluarkan aliran udara dalam mannor yang lebih efektif untuk sistem ventilasi pembuangan udara yang dibawah.
  2. Gunakan kaleng udara pada ventilasi anda setiap beberapa bulan sekali misalkan 2 atau 3 bulan sekali. Ini akan membantu membuang debu dan mencegah kotoran menyumbat bagian dalam laptop atau komputer anda.
  3. Jangan menggunakan laptop apalagi ditinggal pergi laptopnya di tempat tidur atau di sofa. Karena ventilasi udara pada laptop anda tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dan tentunya laptop anda akan terus panas karena tidak ada ruang untuk membuang udara panas yang dihasilkan laptop.
  4. Hindari merokok di dekat laptop. Hal ini akan menyebabkan nicoteine ​​menempel pada fan laptop anda dan tentu saja dapat merusaknya. Dan jika kipas tersebut rusak apalagi terbakar maka laptop anda tidak akan pernah bisa mendinginkan laptop itu sendiri.
  5. Menggunakan Cooling Pad laptop. Saya menggunakannya di laptop saya dan saya telah melihat peningkatan signifikan dalam kinerja ketika saya menggunakan aplikasi.
  6. Masuklah ke mode siaga (Sleep) bila anda tidak menggunakannya. Semakin sedikit komputer aktif, lebih sedikit panas yang dihasilkan dan mencegah dari overheat.

Saya telah melihat banyak komputer dan laptop rusak terbakar karena masalah dengan ventilasi. Menghindari resiko dapat menjaga laptop juga komputer anda agar tetap dalam kondisi yang sangat baik dan dapat bertahan selama bertahun-tahun bahkan sampai tahun yang akan datang. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda pemilik dan pengguna laptop dan PC juga tentunya.



Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

Responses

0 Respones to "Mencegah Laptop Overheat"

Posting Komentar

Sisipkan sepatah dua patah kata untuk menambah semangat agar blog tetap update.

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors